Verruca Plantaris si Mata Ikan

Verruca merupakan hiperplasi epidermis akibat pertumbuhan epithel yang disebabkan oleh Human Papilloma Virus tipe tertentu yang termasuk golongan Papova Virus. Orang awam menyebutnya ”kutil” atau ”Warts”. Verruca memiliki beberapa nama berdasarkan lokasinya yaitu Verruca Vulgaris (Common Warts) dengan predileksi khususnya di ekstremitas bagian ekstensor, Verruca Plantaris (Plantar Warts) dengan predileksi pada telapak kaki, Verruca Plana (Flat Warts) dengan predileksi pada muka dan leher, dan Condyloma Accuminata (Genital Warts). Epidemiologi verruca tersebar kosmopolit dan transmisinya melalui kontak kulit maupun autoinokulasi. Menurut American Podiatric Medical Association (APMA), verruca plantaris sering didapatkan pada anak-anak dan remaja dengan usia 12-16 tahun. Insidennya akan lebih tinggi lagi pada pengguna tempat mandi bersama (anak kost, anggota kebugaran) dengan frekuensi perempuan sedikit lebih banyak dari laki-laki.

Sesuai namanya, Verruca plantaris atau biasa disebut mata ikan adalah verruca yang terletak pada telapak kaki, terutama yang banyak mengalami penekanan. Verruca jenis ini disebabkan oleh HPV tipe 1. Lokasi tersering pada telapak kaki yaitu pada area midmetatarsal. Didapatkan beberapa lesi sekaligus pada satu telapak kaki yang kadang-kadang bergerombol dan juga dapat berdiri sendiri-sendiri.

Perjalanan penyakit, mula-mula berupa hiperkeratosis biasa, transluscen, licin, sebesar kepala jarum pentul, dalam beberapa minggu sampai bulan membesar, dapat mencapai ukuran kelereng, kasar, berwarna coklat tua, abu-abu atau hitam seperti bertanduk. Bila permukaan verruca mengalami gesekan maka dapat menimbulkan nyeri. Bila beberapa verruca bersatu, dapat timbul gambaran mozaic yang disebut Mozaic Warts. Gambaran histopatologi menunjukkan hiperkeratosis, parakeratosis, papillomatosis, dan akantosis pada epidermis serta gambaran pelebaran pembuluh darah dan serbukan sel-sel radang kronis pada dermis.

Diagnosa banding verruca antara lain klavus (hiperkeratosis setempat akibat gesekan kronik berupa cekungan yang dikelilingi keratinisasi dan puncaknya menuju ke dalam), Tuberkulosis kutis verrucosa (BTA +, kondisi immunocompromised), Squamous Cell Ca (pada stadium awal).

Penatalaksanaan verruca plantaris didasarkan pada usia penderita, lokasi ruam, perluasan ruam dan tingkat kemampuan penderita. Pada dua pertiga kasus, verruca dapat mengalami regresi spontan dalam waktu dua tahun. Prinsip terapi definitif untuk verruca adalah menghilangkan verruca tersebut dengan jalan antara lain:

  1. Bedah, yang meliputi bedah beku (dengan CO2, N2, dan N2O)bedah skalpel, bedah listrik, bedah laser.
  2. Non bedah, yang meliputi larutan AgNO3 25%, asam trikloroasetat 50%, 5-Fluorouracil, Retinoids, Interferon.

Prognosis verruca plantaris adalah baik karena 65% dapat sembuh spontan dalam 2 tahun tetapi sering residif.

Semoga bermanfaat..

dikutip dari berbagai sumber

About these ads

39 Tanggapan

  1. Terima kasih. atas infonya.
    Lalu pertanyaan saya. Penyebab timbulnya penyakit mata ikan ini apa ya?

  2. sama-sama..

    penyebabnya virus pak. namanya human papilloma virus atau disingkat HPV

  3. Aku dah pernah terkena mata ikan di telapak kaki. kata dokternya, mata ikan-nya dah infeksi, dan ada nanahnya sehingga harus segera di operasi. aku ikutin saja sarannya, dan mau u/ di operasi, tapi sekarang, 10 tahun kemudian kok muncul lg ya mata ikannya? apakah ada hubungannya antara kebiasaan jarang mencuci kaki dengan kemunculan mata ikan? sekedar informasi dok, saya hobi berkebun, jadi sering bersentuhan langsung dengan tanah dan lumpur. terima kasih sebelumnya

  4. halo om Adi.thx atas pertanyaannya..

    Emang ini yang bikin jengkel. kutil atau kalo di telapak kaki disebut mata ikan mudah timbul kembali walaupun sudah diobati, baik itu dengan obat luar maupun operasi. Kadang dapat hilang sendiri beberapa bulan atau tahun, dan akhirnya timbul lagi.

    Mata ikannya kok bisa sampai infeksi?apa coba2 dicukil sendiri om?mungkin ini yang menyebabkan infeksi. apalagi om Adi sering berkebun. Jadi mata ikan yang udah terluka mudah terkena kuman dari tanah dan lumpur.

    Mengenai hubungan mata ikan dengan kontak kaki dengan tanah menurut saya tidak ada. Karena penyakit ini murni disebabkan oleh virus HPV.tiap tipe virus HPV berbeda lokasinya :
    -HPV Type 1 –> lokasi kutil di telapak kaki dan telapak tangan.
    -HPV Type 2 –> verruca vulgaris (bisa di bagian tubuh mana saja) , filiform wart (di muka terutama kelopak mata dan bibir), telapak kaki, and mosaic plantar wart (di bagian tumit)
    -HPV Type 3 –> verruca planaris (di leher,siku,lutut,tangan)

    Untuk terapinya, memang paling baik di operasi kecil, karena efeknya terasa cepat. atau kalo tidak mau,bisa dicoba dengan pemberian salep asam salisil. cuma lebih lama dan kalo diliat lokasinya di telapak kaki mungkin agak susah penggunaannya, karena salep yang diberikan mudah tersapu hilang.

    semoga jawabannya memuaskan.kalo ada yang mau ditanyakan lagi, feel free to ask..

    thx

  5. Thank u banget buat penjelasannya dok. oh.. jadi gak boleh di cungkil2 sendiri ya? he he maaf dok, kadang2 saking gemesnya liat nih mata ikan saya gak tahan, saya korek2 aja pake potongan kuku, tapi sekarang saya dah kapok. rencananya saya mau operasi saja, sekali lagi terima kasih banyak ya

  6. haha..iya emg,bikin gemes..
    sama2 pak.semoga nanti gak kumat2 lagi…

  7. Pak Dokter
    Anak saya kena verrucca vulgaris plantaris multiple dan 2 hari yang lalu baru dioperasi di RS oleh dokter bedah.

    Hari ini saya kaget kok di kaki kanannya ada lagi 2 titik yang kalau saya amati mirip dengan awal yang dikaki kirinya. Ada cara lain selain operasi (lagi) ga dok? kalau saya kasih callusol bagaimana? dosisnya berapa kali sehari? Kasihan kalau anak kecil operasi, harus bius total.

  8. Bu Sasti,

    Memang penyakit ini bikin jengkel. Sering kumat2an. kadang dalam jangka waktu lama baru muncul, kadang sebentar aja sudah muncul lagi.

    Anaknya umur berapa bu?klo bukan bayi, maka obat-obat keratolitik untuk kutil seperti Callusol atau Collomack boleh diberikan. Cara pemberiannya satu tetes larutan dipakai pada daerah kulit yang sakit (pagi dan malam hari). Ratakan dan biarkan mengering beberapa menit. Setelah beberapa hari pasien harus mandi air hangat agar kapalan yang telah melunak dapat terkelupas. Cuma memang penggunaan obat luar ini memang agak lama. Bila timbul iritasi pada kulit, lebih baik dihentikan.
    Untuk bedah, kalo memang kutilnya tidak mengganggu, sebaiknya tidak dulu, arena resiko pembiusannya lebih besar daripada resiko penyakitnya.

    Untuk lebih jelasnya,konsultasikan dulu dengan dokter kulit di daerah Anda Bu.

    Semoga membantu…

  9. Terima kasih dok atas sarannya.

    Anak saya 5,5 tahun, dan dari hasil PA = verruca vulgaris, dan tidak nampak tanda ganas (copy paste dari hasil PA ya dok). Sekarang lagi penyembuhan luka dan disarankan dokter bedahnya untuk tetap di obat oles (asam salisilat atau semacam callosol) agar tidak numbuh lagi.

    Untuk yang 2 titik baru yg saya tanyakan di atas sudah saya olesi yg dari dokter dan Alhamdulillah yang 1 mati dok kayaknyam jadi ga kelihatan berkembang gitu.

    Soal bius total, resikonya apa ya dok? terus terang saya baru pertama melihat anak/orang dibius dalam waktu 5 detik sudah tidak sadar. Saya nangis dok…..kasihan anak kecil gitu tiba-tiba kaya pingsan.

    Pertanyaan saya dok :
    1. Apakah bekas operasi tetap harus dikasih obat oles tsb?
    2. Dokter yang membedah sekar (anak saya) menyarankan untuk tidak memakai kaos kaki, karena kondisi kaki anak saya gampang basah berkeringat, jadi membuat virus mudah berkembang? bagaimana saran dokter?
    3. Bagaimana upaya menjaga agar si mata ikan ini tidak muncul lagi nantinya?

    Terima kasih dok atas penjelasannya, dan boleh saya link dalam blog saya?
    Salam
    Sasti

  10. dok…, terima kasih infonya.., apa nama obat untk menghilangkan kutil yg di jual bebas ??. sekali lagi terima kasih..

  11. Halo… Saya mau tanya, saya baru saja menemukan mata ikan (permukaan kulit agak melendung dan keras dgn titik coklat di dlmny) di ibu jari tangan anak saya yang berusia 8 bulan. Kira2 penyebabnya apa ya? Dan bgm cara pengobatan buat bayi? Thx

  12. Pa dokter,
    Bisa lebih spesifik lagi bagaimana cara menyembuhkannya? yang tanpa operasi tentunya
    Trims buat infonya.

  13. wah..ternyata banyak reply yang belum saya balas.mohon maaf karena kesibukan sudah hampir 2 bulan saya tidak ngeblog.

    @bu sasti
    langsung saya jawab pertanyaannya ya
    1. seharusnya tidak perlu kan verrucanya sudah tidak ada.karena kerja obatnya adalah keratolitik, yaitu untuk mematikan dan melepas jaringan kulit terluar yang terkena.
    2. saya juga setuju atas sarannya dokter tsb bu.ato bisa memakai kaos kaki tapi jangan terlalu lama terutama kalau kaki sudah basah.karena juga berpotensi tumbuh jamur juga
    3.kalo untuk pencegahannya tentu saja dengan menjaga higienitas tubuh.dan juga jangan lupa menjaga kesehatan dan berupaya meningkatkan sistem imun tubuh.
    Untuk bius total tentu saja semua tindakan medis ada resikonya. resiko yang paling berbahaya adalah kematian. untuk hal ini konsultasikan lebih dulu dengan seksama dengan dokter keluarga Anda bu..
    Untuk penanganan terhadap anak Anda lebih baik konsultasikan dengan dokter spesialis kulit secara langsung.
    semoga membantu

    @mbak Ratna
    ada Callusol atau Collomack..
    (saya dapat persenan gak ya..hehehe)

    @Bu Sylvia
    kemungkinan adalah verrucae vulgaris bu. penyebabnya adalah virus. penanganan bisa dengan obat oles atau dibedah. Untuk lebih jelasnya lebih baik dikonsultasikan ke dokter spesialis kulit terdekat

    @refi
    caranya ya diolesi obat oles :) tapi agak lama efeknya

    semoga membantu

  14. dok,, saya maw tanya…

    veruca ini kan disebabkan HPV..
    kanker serviks juga disebabkan oleh HPV..
    nah itu ada hubungannya gak dok??

    apa itu disebabkan tipe virus yang sama?
    jadi kalo kena plantar veruca bisa jadi kemungkinan kena kanker serviks juga gak dok??

    mohon jawabannya dok
    terimakasih

    • yup,bener bu/mbak, keduanya disebabkan oleh HPV.
      tapi strain dari HPV itu banyak sekali. sekitar lebih dari 150an. Strain HPV yang menyebabkan verruca dan ca cervix berbeda.
      Verruca disebabkan oleh HPV tipe 1,2,3. sedangkan Ca cervix yang terbanyak disebabkan oleh HPV 16 dan 18 (sekitar 70% kasus).
      Jadi penyebab ca cervix tidak ada hubungannya dengan penyebab dari verruca.

      semoga membantu.

  15. Dok mau tanya, mata ikan saya, saya korek, terus kayak bolong gitu, bagaimana cara penyembuhannya?

    • hati-hati kalau dikorek-korek sendiri, apalagi alat yang dipakai tidak steril, bisa terjadi infeksi. lebih baik konsultasikan dulu ke dokter kulit terdekat pak..

  16. Dok, mau tanya…

    obat oles AgNO3, Asam Salisilat, dkk. itu ada efek sampingnya tidak ?

    memang kalau pake obat oles jadi terasa sakit ya dok?
    soalnya teman saya sampai tidak bisa tidur karena sakit di kakinya katanya.

    trims atas perhatiannya dok.

    • Efek samping paling sering memang bisa menyebabkan iritasi kulit mas. biasa mengenai kulit sehat di sekitar kulit sakit. kulit akan berubah lebih kemerahan dan terasa sakit atau perih. Untuk efek samping lebih lengkap bisa dilihat di kertas keterangan obat yang disertakan di obatnya mas.
      thx

      • Ooo gitu ya dok…
        tapi ga berpengaruh sampai ke dalam tubuh kan dok?
        Cuma di kulit aja kan?

        Terima kasih dokter :-)

  17. Dok, mana sih yang lebih ampuh make colomack atau plester mata ikan??
    soalnya tadi saya search, ada juga obat tuk mata ikan yang pake plester gitu..
    terima kasih..

    • maaf baru sempat membalas,
      kalo tidak salah kandungannya sama, cuma yang plester lebih praktis dan nggak gampang hilang terusap baju atau tanga

  18. Kalo saya kena mata ikan hampir 6 bulan, sy diemin aja kering sendiri. Itu berbahaya gak kalo dibiarin. Memang lama sih, tp kesabaran adalah obatnya :)

  19. Dok, mau tanya …

    kalo obat oles AgNO3, Asam salisil gitu di jual umum kaya di apotik2 biasa ga ya Dok ???
    thx buat infonya , balas ya Dok … :d

  20. dok, ini saya mata ikan ga si dok, saya punya ciri2 yg sama seperti diatas, tapi udah benjol lama dan didiemin setahun karena gatau itu apaan. dan saya coba pakai obat cina untuk mengelupas kulit, tapi pas dikelupas, dari intinya itu keluar nanah sama darah. dan terakir keluar cairan bening warna kuning, apa klo misalnya udah gitu ga ada jalan lain dan harus di bedah ? tapi yg saya lebih bingung lagi dokternya juga gatau ini apa soalnya bentuk kaki yg kena benjolannya udah gakaruan dan warnanya item2 kek kapalan. tapi yang jelas dia bilang ini infeksi. minta sarannya ya dok

  21. akhir2 ini telapak tangan saya sedikit gtal2… saat saya lihat dengan cermat,saya melihat seperti ada lubang2 kecil di dalam nya ada sdikit air,,,, apakah itu mata ikan?? lubang2 nya lumayan kecil… saya takut jika terjadi mata ikan,tapi belum terlalu besar…. apakah ini mata ikan???
    trimakasih info nyaaa..!!! :)

  22. dok, saya remaja usia 18thn. Saya terkena virus verruca vulgaris multiple di jari tangan sejak 3 tahun kebelakang (hasil diagnosa terakhir), saya sudah 2x menjalankan oprasi karena jumlah kutil tersebut lebih dari 40. Hasil oprasi 1, jari” saya yg terkena virus itu dijahit. dan 1 thn kemudian tumbuh lagi, dokter yg berbeda menyarankan saya u/ oprasi dengan cara laser. Sekarang ujung jari telunjuk saya mati rasa (karena dibagian inilah kutil yg paling besar), yg jadi pertanyaan saya:
    1. telunjuk saya mati rasa apakah karena efek samping 2x oprasi?
    2. apakah virus tersebut dapat menyebar pada wajah?
    3. apa ada obat herbal yg dapat menghilangkan virus tsbt supaya tidak tumbuh lagi?

    trimakasih sblumnya dok ^^

  23. Dok,

    saya punya semacam kutil di telapak tangan yg sudah menahun, tidak pernah saya gubris krn kecil dan tidak terasa sakit (tidak terlalu mengganggu). Kemudian, waktu antar mama ke dokter, saya iseng nanya ke dokter tsb, dan seperti kata dokter kulit tsb, terkena virus namanya Verruca Vulgaris dan harus bedah listrik. 3 hr kemudian (hari ini tadi) saya lakukan bedah listrik di ‘kutil’ tsb. Saat ini saya diberi obat betadine plus salep Bactoderm Mupirocin. Yang ingin saya tanyakan:

    1. Sesuai yang saya baca, penyebab Verruca Vulgaris adalah dari virus HPV Type 1, kira-kira darimana ya saya dapatkan virus tsb, apalagi ini di tangan bukan di kaki. *rumah sendiri, tidak kost

    2. Untuk mencegah inveksi dan virus tsb datang kembali, apakah obat tsb sudah benar?

    3. Apakah virus tsb dapat menular ke orang lain, melalui apa? Apakah bisa menyebar ke bagian tubuh lain? Karena selama bertahun2 kutil ini sepertinya tidak tumbuh.

    Terima kasih sekali ya, Dok, atas infonya. :)

    • maaf baru sempat membalas,
      1. penyebabnya memang HPV. untuk tipenya banyak sekali. jika di tangan namanya veruka planaris. kebanyakan ditularkan karena kontak sentuhan dengan orang lain dan di area kontak ada perlukaan atau area kulit yang rusak

      2.penanganannya memang dilakukan pembedahan. sedangkan salepnya untuk mencegah terjadinya infeksi bakteri setelah pembedahan.

      3. bisa, tergantung adanya perlukaan dan sistem kekebalan tubuh kita.

  24. Dok..mw tanya,,sy permpuan usia 22…di daerah leher,maaf (dada wanita) ,dan muka..ada smcam kutil kcil.menonjol,wrna kecoklatan.tdak ad rasa apa2.cuma sdikit tdk enak buat penampilan…..itu apa y dok??terjadinya kenapa??obatnya apa byr hilang??bahaya g dok?? Knpa brtambh byk ya kalo dirasa2 mah….blz y dok

    • maaf baru sempat membalas,
      kemungkinan itu adalah verruca, wart, atau kutil. penyebabnya adalah virus, dan memang bisa bertambah banyak. obat bisa diberi olesan atau dibedah. lebih baik mbak konsultasikan dulu dengan dokter kulit terdekat untuk penanganan yang lebih baik.

  25. bagaimana cara menghilangkanya dengan di bedah sendiri?
    dan apabila dgn obat oles,obat oles ap dayg paling mujarap??

    • maaf baru sempat membalas,
      sebaiknya tidak dibedah sendiri karena resiko infeksi yang tinggi. serahkan kepada yang ahlinya saja :D
      lebih ampuh dilakukan pembedahan daripada diberi obat oles :)

  26. Dok…sya hbis melakukan pmbedahan utk mata ikan dgn bius lokal. Istiahx couter atau apa sy krg paham…tpi setelahx hnya d beri obat minum dn tidk di beri obat oles atau salep..apa memang ada yg seperti itu, atau harus ada obat salepnya dok? Terima kasih sebelumnya..

    • iya benar, istilahnya kauter/elektrokauter.
      biasanya memang hanya diberi obat oral anti nyeri saja mas. untuk obat oles yang disebutkan sebelumnya, dipakai untuk penanganan yang non bedah.

  27. saya wanita berusia 22 thn dok. Mulanya d sela2 jari kaki saya,tepatny d jari manis..sperti ad tmpukan kulit mati..lalu lma kelamaan sya mrsakan sakit saat brjalan. trnyata muncul mjd kutil..
    awalny tdk trlalu mganggu tp lma2 smkin mmbsar mmbwt ckungan kdalam..dan prnh terluka mgeluarkan sdkit darah. kalau sya prhatikan wrnanya puth kekuningan dan seperti ad akar d dlmny..
    sudah 3 mgu ini..smkin bsr dn mgkbtkn brjalan tdk nyman krn trasa nyeri (menyut2).
    apkah it kutil planar?
    dan bskah pgobatanny dgn cr tradisional sprti mgunakan lengkuas yg dhaluskan d campur dgn kapur sirih atw mgunakan tanaman patah tulang..seperti kbyakan org bilang?
    thanks dok.

  28. thanks sbelumny dok,,

  29. jari tangan saya terkena mata ikan,awalnya dulu kena goresan di tembok lama kelamaan jadi bulat ada airnya trus merah di pinggirnya sekarang atasnya jai seperti kapalan,setelah dikasih obat calllusol kok jadi kulit sekitarnya merah dan mengelupas ,rasanya jari saya seperti terbakar terus,,normalkah gejala itu dok,dan kalau sembuh perlukah dilakukan bedah atau obat apa yg harus saya pakai.thanks dok

  30. permisi dok,,saya ada mata ikan di kaki kiri,sblumnya sih udah smbuh(saya tidak memakai obat,cuman pas waktu pulang sekolah,bgtu melepas sepatu seperti keluar cairannya nah saya tekan terus),jadi sampai keluar intinya kata orang sih seperti nanah gitu),tp 2 minggu kmdian muncul lagi tp pas saya coba cara tadi kok gk bisa?,skrng udah 2 minggu,dan saya ke dokter katanya udah infeksi,dan dikasi’ salap/salep buatt infeksinya,kalo msih berlanjut mungkin akan dibedah/operasi.
    Nah kalo boleh tau,operasinya tu seperti apa ya??,apa seperti operasi penyakit” dalam (usus buntu,dsb) kaki dibedah sedalam mungkin?,atau cuman dibedah sekitar mata ikannya aja?,lalu apakah bekas operasi itu,ada jahitannya atau kulit dibiarkan tumbuh dgn sendirinya??.
    Soalnya saya takut,kalo satu saat pasca operasi,saya gk bisa melakukan aktifitas hobi saya seperti ngedance,sepakbola,dll. Karna terganggu bekas operasi tsb.
    Mohon penjelasannya dok. :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.432 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: