RICE untuk Cedera Engkel atau Engkel Keseleo?

Akhir-akhir ini saya senang futsal dengan rekan-rekan saya, minimal seminggu sekali. Kadang saat futsal, ada saja rekan yang menderita cedera engkel atau biasa kita nyebutnya engkel keseleo. Bagi kita yang senang olahraga futsal atau basket, cedera ini sering kita jumpai. Biasanya terjadi saat kita berlari kemudian terpeleset dengan salah tumpuan atau saat setelah melompat kita salah menjejakkan kaki waktu mendarat. Tentunya sangat menjengkelkan bila engkel kita cedera. Karena sangat nyeri terutama untuk menjejakkan kaki ke tanah, bengkak, dan kita jadi berhenti bermain futsal atau basket, untuk sementara menjadi penonton.

Sebenarnya cedera engkel yang sering terjadi ada 2 macam, yaitu strain ankle dan sprain ankle injury. Strain terjadi ketika otot atau tenden kita terlalu meregang, sedangkan sprain, cedera yang lebih serius, adalah peregangan pada ligamen (jaringan ikat yang menghubungkan antar tulang). Sekitar 85% dari semua cedera engkel adalah sprain ankle dan 45% nya merupakan cedera saat olahraga. Sekitar 50% orang yang pernah menderita bisa kambuh lagi. Kebanyakan cedera engkel (sekitar 85%) adalah inversion injury yaitu kaki tertekuk ke arah dalam, sehingga terjadi peregangan pada ligament bagian luar. Sedangkan cedera engkel karena kaki tertekuku ke arah luar jarang terjadi, dikarenakan posisi anatomis kaki kita.

Ada beberapa derajat dari cedera engkel, tapi tidak akan saya bahas pada tulisan ini. Yang lebih penting adalah penanganan awal kita terhadap cedera yang kita alami. Biasa yang saya lihat bila ada salah satu rekan yang cedera, maka yang lainnya beramai-ramai memberikan solusi. Ada yang menyuruh dipijat, langsung ditekuk seperti waktu kram, disuruh jongkok, dan lainnya. Sebenarnya penanganan yang benar ada  4 prinsip. Untuk lebih mudahnya biasa disingkat dengan R I C E.

1. Rest atau istirahat

Mengistirahatkan kaki yang cedera dari gerakan berlebihan yang tidak perlu dan dari gerakan menahan beban badan dengan menjejakkan kaki ke tanah. Kruk (crutches) atau bidai (splint) sangat membantu.

2. Ice atau es

Kompres es digunakan untuk mengurangi bengkak. Dilakukan 20 menit tiap jam selama bengkak masih ada

3. Compression


Engkel dan kaki dibebat dengan bebat elastis atau stocking khusus dengan rapat tapi tidak erat. Jika bengkak menyebabkan bebat terlalu erat, harus direnggangkan secepatnya

4. Elevation


Kaki diletakkan di atas letak jantung selama 48 jam pertama. Ini dilakukan untuk meminimalisir bengkak dan memar.

Selain itu, bisa diberikan obat pereda rasa nyeri. Tentu penggunaannya harus sesuai instruksi dokter.

Cedera engkel dengan penanganan yang sesuai kebanyakan sembuh antara 2 sampai 6 minggu. Cedera yang berat memerlukan waktu yang lama sekitar 12 minggu dan memerlukan fisioterapi untuk mengembalikan kekuatan dan koordinasi otot. Tindakan bedah jarang diperlukan. Bila kita mengalami nyeri terus menerus dalam jangka waktu lama atau cedera engkel kambuhan, tindakan bedah mungkin diperlukan.

Oleh karena itu, sebaiknya sebelum olahraga kita melakukan pemanasan dan  pilih sepatu yang sesuai dengan aktivitas yang kita lakukan.

Semoga bermanfaat…

dari berbagai sumber

About these ads

95 Tanggapan

  1. hemmbb..salam kenal.. blognya keren .

    artikelnya juga mantap mantap..

    terima kasih.. di tunggu kunjungan baliknya.

  2. dok,misal e dah 3minggu tp masih bengkak trz gmana

  3. Salam kenal dokter,

    Wah tulisan yang menarik…kebetulan saya baru aja keseleo / keplitek engkel kirinya tadi pagi waktu turun tangga di kampus mau kuliah, bukan karena olahraga…jadi rada2 ga mutu juga nih penyebabnya hehehe…makasih untuk solusinya…

    tadi ketika tertekuk terdengar bunyi “kruk” rada keras, saya takut kenapa2 dengan tulang…tapi mau periksa kedokter juga bingung nih…kira2 kalo di fisioterapi bisa ketahuan gak ya sama si terapisnya kalo misalnya ada something wrong dengan tulangnya ato gimana gitu?

    sejauh ini sih, penanganan masih sendiri aja…sampe rumah dioles counterpain trus kalo musti jalan saya pakein ankle supporter, tapi pas saat rebahan dilepas…kira2 bener ga yah penanganan kaya gitu? makasih infonya.

    • salam kenal juga.maaf baru dibalas, karena kesibukan jadi agak terbengkalai.
      Dari pengalaman pribadi saya juga pernah sampai bunyi kruk, berkali-kali malah :) biasanya 2-3 minggu sudah sembuh sendiri.

      kalau ke fisioterapis, disini mungkin dokter rehabilitasi medik, untuk mengetahui pastinya biasanya diarahkan dirontgen dulu. bila ada kecurigaan patah tulang atau dislokasi nantinya dirujuk ke bedah tulang.

      untuk penanganan bisa diikuti petunjuk di atas. menurut saya penanganannya sudah benar. counterpain fungsinya untuk mengurangi nyeri, jadi bisa dipakai. yang penting kaki banyak2 diistirahatkan dulu.

      semoga membantu

  4. Salam kenal Dok…Wah Kebetulan nie, nama saya andri saya pertama kena engkel kira2 th 2003…nah antara th 2003 s.d 2004 engkel saya udah kambuh sakitar 2-3 kali masalahnya waktu itu blm sembuh btl udah aku paksa buat maen bola. Nah setelah itu saya dikasih tahu untuk akupuntur, Alhamdulillah setelah 2 kali pengobatan engkel saya dah baikan…tapi bulan Februari kemarin kambuh lagi gara2 maen futsal gak pemanasan dulu…Pertanyaan saya,kira2 seberapa parah cidera engkel saya???trs pengobatan terbaik selanjutnya bagaimana, apakah perlu akupuntur lagi???oya apakah akupuntur aman untuk engkel(apakah ada efek sampingya)????Maaf pertanyaan banyak…Terima kasih atas waktunya…heeee3x

    • Salam kenal juga,
      mengenai akupunktur, mohon maaf saya belum mengetahui benar apakah bermanfaat untuk cedera engkel atau tidak.
      sedangkan mengenai seberapa parah cedera engkel mas Andri, sebaiknya berkonsultasi ke dokter orthopedi atau spesialis olahraga. Mungkin saja cedera lama kambuh atau cedera baru terpisah dari cedera lama yang udah sembuh, karena jangka waktu antara cedera pertama dan kedua sudah 6 tahun.
      metur nuwun..

  5. halo dokter…
    mo nanya dikit nih, mengenai kompres, sebaiknya di kompres pake es ato pake air panas/hangat? soalnya gw juga nemu di beberapa artikel lain yang menyarankan untuk dikompres pake air panas/hangat… mohon pencerahannya dok, terima kasih… ^^

    • halo juga..
      air es bagus untuk mengurangi rasa nyeri, sedangkan air hangat bagus untuk mengurangi bengkak. tinggal mana yang lebih dominan dirasakan. biasanya kalau baru kejadian, karena nyerinya yang lebih dominan, jadi lebih baik dikompres es.

  6. Salam kenal Dok.,!
    Begini dok., saya cideranya sudah cukup lama,kemudian kaki saya,sudah mulai mengecil, dan bengkaknya tidak hilang,juga telapak kaki saya timbul bercak darah ,
    Gimana yah dok..???
    Tolong bantu yah..!

    • kaki mulai mengecil tanda disuse atrophy, karena cenderung kaki yang cedera menjadi jarang dipakai. lebih baik segera konsulkan ke dokter terdekat mas..

  7. Dokter salam kenal..

    Saya mengalami kecelakaan sebulan yang lalu sehingga tulang kecil kaki kanan saya patah & engkel saya dislokasi. Tepatnya telapak kaki kanan saya sampe ke arah luar 90 derajat dok, pertama kejadian dah di urut tapi ternyata posisi engkelnya kurang pas, jadi pas dipake latihan jalan malah sakit n akhirnya di urut lagi. sekarang posisinya lebih enak tapi jadi agak bengkak lagi. Yang saya tanyakan biasanya berapa lama kita harus istirahatkan tuh kaki sampe kita bisa belajar jalan pake Kruk?? terus apakah kaki bisa dipake secara normal lagi dok??

    Makasih banayak dok…& tolong dibalas ya …

    Gunawan

    • Mohon maaf baru sempat balas karena kesibukan.
      hmmm..pertanyaannya apakah setelah kecelakaan Anda segera memeriksakan diri ke dokter atau rumah sakit mas?karena penyembuhan tulang yang patah tidak dengan diurut, bisa-bisa malah makin parah. penyembuhannya dilihat secara radiologis, dengan rontgen, dan klinis. itupun setelah dilakukan penanganan dengan benar secara medis. lebih baik segera dikonsulkan ke dokter terdekat..

  8. Thx,s utk info nya, sy udah 10 hari istirahat, karena engkel mengalami masalah. sy loncat dari ketingian 2 meter dgn sebelah kaki ( kiri ) yg membentur jalan floor, setelah dibetulin posisi tulang dan otot sy mengalami sakit yg luar biasa di bagian TEAR selama 1 malam….setelah itu rasa sakitnya hilang, dan terjadi bengkak, ngk boleh berdiri atau duduk dgn kaki dibawah. jadi aku harus selonjoran terus dan di olesi THROMBOPHOB Gel. sesekali di rendam air hangat….
    Nah, pengaruh dikompres pake Es sama di rendam air hangat gimana ya ??? mana yg lebih baik ??? mana yg lebih baik dilakukan ? o ya, sy mengalami trauma, sehingga sangat takut unuk menapakkan kaki ke lantai walau memakai tongkat sekalipun….

    • maaf baru balas.wah,ada apa nh kok sampai loncat dari lantai 2?
      sudah dirontgen belum?sebaiknya dikonsulkan dulu ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut. kemungkinan terburuk apabila ada patah tulang, memang sebaiknya tidak menapakkan kaki dahulu.
      air es bagus untuk mengurangi rasa nyeri, sedangkan air hangat bagus untuk mengurangi bengkak. tinggal mana yang lebih dominan dirasakan. biasanya kalau baru kejadian, karena nyerinya yang lebih dominan, jadi lebih baik dikompres es.

  9. salam kenal mas, aku jg mengalami engkel kiri sdh di urut sama (konon) tk urut di Klub jarum super kalo pemainnya ada yg cedera, tp sdh satu minggu ini engkel seh udh mulai agak kempes dan sdh bisa dipake jln, tapi betis ini loh yg ikutan sakit. apa memang engkel betis ikutan sakit dan bengkak?, abis gw kerja seh masa musti bolos kelamaan jd sekarang udh dipake jln deh. thanks.

    • salam kenal juga mas.
      maaf baru balas.kalo menurut saya kemungkinan betis ikut sakit karena dalam satu minggu waktu engkelnya sakit itu jalannya jadi agak nahan. kadang karena engkel lg sakit, posisi kaki waktu jalan agak dibengkokkan.jadi pusat berat badannya gk pas lurus, ada beban berlebih di otot.ini kemungkinan ya mas..

  10. salam kenal dok.
    saya cedera engkel saat sedang main futsal. waktu itu kaki saya dihantam oleh teman saya cuku keras, saat itu terdengar bunyi “krak”, cukup membuat hening suasana waktu itu dan kaki saya bengkak dengan rasa sakit yang amat sangat. hari ini sudah hampir 2 minggu dari kejadian itu dok, kalau dibawa jalan sih tidak sakit, tapi bengkak nya masih ada, dan saya masih tidak bisa menendang bola karena jika saya mengayunkan kaki, sakitnya muncul lagi. kira-kira ini bisa pulih ga dok? karena saya ingin sekali main futsal kembali -,- mohon pencerahannya ya dok. terima kasih :D

    • salam kenal juga mas,
      hmm..kalo dari ceritanya sh mungkin agak parah ya,sampai ada suara “krak”nya.takutnya ada tulang yang retak.lebih baik diperiksakan ke dokter spesialis olahraga, spesialis bedah tulang, atau rehabilitasi medis untuk konsultasi langsung mas.

  11. Hay Dok saya mau tanya niy..Kmren saya kepelset waktu maen futsal.. Kaki engkel tear saya bengkak dan rada nyeri jg.. Cara penyembuhan tuh gimana ya dan penyembuhannya berlangsung berapa lama ya Dok.. Trimksh dok.

  12. salam kenal,.mau tanya gmn y cara mengobati enkel yg udah berbulan2 sakit?
    coz udah lama dan udh bbrpa kali diperbaiki dgn urut tapi blm juga sembuh2,.mksh
    tolong dijawab y drajebrut blog
    hatur nuhun

  13. owh iyah dok ketinggalan,.dibagian samping kiri kaki kanan saya ada tonjolan kecil apakah itu bekas luka ataukah urat yg dislokasi?
    cedera yang saya alami pada saat futsal dan menendang bola terlalu keras dan kaki saya ditahan oleh lawan maen,.sehingga kaki keplitek kedalam.akibatnya sampai saat ini saya tidak bisa sila,jongkok,lari dan locat dengan normal,.rasanya ngilu
    dan bagaimana penanganan cedera engkel yang hampir 2 bulan tak kunjung sembuh,.terima kasih dok,.tolong dijawab y dok? ^_^

    • salam kenal juga mas,
      maaf baru sempat balas.sepertinya cederanya cukup berat mas.lebih baik segera dikonsultasikan dengan dokter di daerah Anda.bisa ke dokter spesialis olahraga, rehabilitasi medis, atau spesialis orthopedi.

  14. Halo dok lam kenal …
    Saya mengalami Engkel pa kaki kanan saya … Waktu itu sya lagi main bazket truzz gra” ga pemanasan lngsung engkel deh … lalu sya beristirahat di rmah n kira” brp lama sya harus beristirahat ampe bisa main basket lagi ? … Sya mau memeriksakan diri ke dokter tpi ortu sya blng ga terlalu parah jadi ga perlu … saya mau nanya kira” engkel bisa sembuh ? dan engkel sembuh kira” brp lama ? kadang kaki engkel saya sering bunyi kruk gitu …

    Makasih banyak dok…& tolong dibalas ya …

    • salam kenal juga,
      maaf baru sempat balas.kebetulan dulu waktu masih sekolah saya juga sering kena engkel waktu basket.penyembuhannya bila sakitnya tidak berat antara 2-6 minggu, tentunya masing-masing orang berbeda mas.kalo udah sering cedera engkel, tidak ada salahnya konsultasi dengan dokter di daerah Anda, jadi bisa diketahui lebih jelas seberapa parah cederanya.
      makasih juga

      • Halo dok , mau nanya gmn cara mencegah engkel pda saat olahraga basket atau futsal ? soalnya cman saya aj yg sering cedera , tmn”ku oke” aj … Katanya sih gara” berat badan ku … beratku 80kg

  15. Dok salam kenal…
    Kaki saya mengalami cidera di engkel gara-gara kecelakaan naik sepeda sudah 2 bulan ini,tapi saya coba buat jalan kok masih sakit yahh…
    Kenapa ? Dan Apa penyebabnya dok ?

  16. sip thanks mas……bagus tulisannya….engkelku dua duanya kena nih,,,,,,,,ya bukannya gak percaya ma tukang urut hanya saja yang gituan KURANG BISA dipertanggung jawabkan secara ilmiah…
    aku hanya make metode air hangat aja kaki direndam agar relaksasi ototnya.
    dan gak dipaksain klo memang masih terasa sakit…..air panas ato es secara fungsi untuk merangsang otot biar bekerja jadi ya tubuh kita punya daya regenerasi dari proses alami juga…

  17. salam kenal pa dokter, kaki saya bagian kiri sekitar 2 minggu lalu pas main badminton kena cedera engkel juga (inversion Injury) kali pertamanya seumur hidup cedera engkel yg pernah dialami…wiw seperti ini toh rasanya cedera engkel, kaget juga liat kaki bengkaknya minta ampun, aku langsung bawa aja deh dok ke tukang urut langganan.pas hari besoknya jalan lumayan terbata-bata, kondisi skrg sudah agak mendingan namun mata kaki sebelah kiri tampaknya masih belum kempes dan ketika akan duduk 2 sujud masih belum nyaman seperti ada yg menghalangi….
    Pertanyaan:
    1. Apakah boleh dok kondisi seperti skrg digunakan untuk joging/ posisi ketika awal kecelakaan s.d skrg sy tidak pernah menggunakan deker engkel seperti pada gambar no.1
    2. Untuk melatih otot kembali pada porsi olah raga ringan agar pergelangan tidak kaki sy berinisiatif untuk renang, mengingat olah raga ini ringan sekali untuk kaki tidak ada benturan beban? tanggapan dokter seperti apa?
    Terima Kasih….

    • maaf baru sempat membalas.
      tentunya sekarang cederanya sudah sembuh bukan? :)
      untuk jogging sebaiknya tunggu sampai benar2 pulih, karena tumpuannya pada kaki.sebaiknya olahraga ringan yang tidak menumpu ke kaki dulu. renang boleh juga.

  18. DOK,kaki q ini kn’terasa skit di dengkul,klo olahraga kadang” mulai terasa,jd hrus gmna??

    • maaf baru sempat membalas.
      kemungkinan karena olahraga yang dilakukan banyak menumpu pada lutut, atau dulu lututnya pernah cedera.ini karena jarak antara tulang tungkai atas dan tungkai bawah pada pertemuan di sendi lutut makin pendek dan bisa bergesekan. jika sudah ada keluhan sakit sebaiknya berhenti dulu jangan dipaksakan dan sakit bisa dikurangi dengan kompres es. jika sangat mengganggu sebaiknya konsultasikan ke dokter Anda.

  19. Dok Yth
    Sya wanita usia 34 tahun 5 bulan lalu saya jatuh dari bis jemputan kantor dengan posiisi pergelangan kaki menekuk kedalam (inversion) langsung bengkak 5 menit kemudian sebesat telur ayam didekat mata kaki, sempat diurut lalu dirontgen hasilnya tulang baik. tapi sampai sekarang bengkak itu masih ada , nyeri sudah berkurang bisa jalan tapi betis sekarang lebih nyeri (daging betis)bulan pertama dibawa jalan bagian kaki deret kelingking sampai mata kaki sakit sekali juga ditapak kaki apalagi kalau jalan tidak rata, saya sudah pernah difisioterapi 6 kali tapimasih tersa juga , saya sudah bisa jalan berjam2 tapi diikuti nyeri. saya takut sekali efek nantinya jika terus seperti ini. tolong jawb dok. tks

    • maaf baru sempat membalas.
      mungkin terjadi peregangan pada ligamen pergelangan kaki ibu, sehingga penyembuhannya lebih lama. sedangkan nyeri pada betis kemungkinan akibat gaya berjalan pada saat setelah terjadi cedera. saat terjadi cedera engkel, otomatis gaya berjalan kita akan berubah untuk meminimalisir nyeri. kemungkinan hal inilah yang menyebabkan otot betis tertarik. untuk penjelasan dan pengobatan lebih lanut sebaiknya konsultasikan ke dokter spesialis orthopedi atau spesialis olahraga di kota Ibu.

  20. salam kenal dok,
    aku kena cedera engkel yg inversion, sama dokter di kasi ovurilla..
    tapi setelah semalam setelah cedera kok di bawah mata kaki ada memar sampai biru?
    itu gimana y dok?
    saya cedera setelah main futsal..
    saya masih suka jalan, tapi tumit kok rasanya sakit sekali kalo di pake untuk tumpuan?
    mohon nasehatnya..

  21. makasih infonya yah…
    saya baru tau stelah baca ini

    kejadiannya 5hari yg lalu saya maen futsal..
    saat pemanasan mau nendang bola kaki kanan saya kesaruk karpet
    keseleo di didpan engkel kaki kanan sya

    awalnya stelah pulang diurut sama tkang urut tetangga..
    sdah 3x ini nyeri nya sudah mendingan agak hilang tp bengkak nya blom mengecil smpe skarang..
    karena waktu diurut cuma menggunakan minyak urut dan di olesi beras kencur…

    kira² gmana yah biar cpat kempes bengkaknya?
    karena kondisinya udah 5hari stelah kejadian…

    thanks ya..

  22. Pagi dok, salam kenal.. Saya kena ksleoi engkel 2 hari yg lalu waktu bermain badminton.. Kaki saya tertekuk ke dalam.. Sudah dipijit 2x hasilnya hanya hilanh nyeri sementara tapi 3jam berikutnya sakit lagi.. Apa harus cedera engkel ini dipijit agar cepet sembuh atau di istirahat kn yg cukup saja.. Tlg masukan nya dok,, yg bagus di pijit ato tidak usha dipijit n istirahat yg cukup.. tlg dibales ya dok.. Thaxs

  23. dr saya mohon tanya saya lihat atlit yang diberi kompres es dikepala dan bahu, kira kira fungsinya untuk apa ya dok??

  24. ass…
    dok…aku pengen nanya udh udh 2bln nich engkel aku blm sembuh
    tapi kalau dipake lari udh enak bngt dok
    tapi kalau nendang keras sakit bngt dok
    bantu aku dok

  25. dok..mau tanya..
    seminggu yang lalu saya cedera engkel (inversi) waktu main futsal,, akibatnya bengkak dan nyeri (pastilah hehe)..nah saya gunain metode RICE.. cuma 2 hari si..setelah itu saya buat jalan biasa..walaupun ada sedikit bengkat dan nyeri jika di tekan tekan sedikit..nah selanjutnya treatment apa lagi? pemanasan? urut? atau diamkan saja?
    sebenarnya tahap yang benar penanganan cedera sampai penyembuhan total bagaimana?
    supaya bisa olahraga lagi ni dok..hehe minimsl joging lah..

    Terimakasih..

  26. Dok kaki saya bengkak dah turun bengkaknya tapi pas saya berdiri kaki saya gak bisa berdiri tegak sama biru di bawah mata kaki saya itu apa ya Dok.. Trims Dok.

  27. salam kenal dok .
    saya sudah cedera engkel skitar 2 tahunan . sudah dirongten tapi tdk ada kelainan pada tulang saya . dan kaki saya mulai mengecil . Kira” kaki saya knappa ya dok ??
    Apa karena klainan pada otot ??
    Trs seberapa parah cedera kaki saya ??

  28. saya 3 kali cedera engkel,dan itu bukan karena kambuh,tetapi krn hantaman,pertama kaki kanan terkena injakan pas maen futsal,lama berbulan2 g sembuh2 karena memang saya paksain maen futsal trus,tp lama2 berkurang sakitnya.yang kedua kaki kiri,karena g pemanasan lgsg maen,kesleo bunyi “kruk” sampe g bisa napak pulangnya,q kompres es,besoknya q diemin aja,sekitar semingguan q paksain latian lg mau kompetisi,q maen tp q balut pke tensocrap.agak susah jg sih maen hati2 bgt,tp sembuhnya lebih cepet,sebulan dah sembuh normal tuh,cm msh lemah kondisi engkel kiri.eh udah 2thn,ni barusan kena lagi engkel kanan di injak inversion gt posisinya,bunyi kruk kecil tp g seberat yg kedua.udah 4hr ini,hari ke 2 q pijit bagian betis dipijit,skrg mulai bs napak.
    tips aja dr q :
    1.untuk memarnya kompres es aja.
    2.istirahat total dr olahraga dulu selama 2minggu.
    3.sering2 ditarik kakinya,dg cara tiduran trus misal kaki kanan yg sakit,kaki kanan angkat keatas lurus jgn nekuk samaskali,trus pegang jari2 kaki kanan dg tangan,cium lutut kaki kanan selama mungkin km kuat,itu melatih/menarik otot2 betis sampe engkel,jd bs mempercepat sekali penyembuhan.
    4.paling ampuh,insyaAllah ke tukang urut yg bener2 mengerti engkel,krn biasanya yg sok pinter malah mijit bagian engkel smpe diputer2,itu salah besar malah g sembuh2.yg bner diurut bagian samping lutut,samping pinggang/boyok,betis,jari2 kaki untuk melancarkan peredaran.hbs itu klo yg pinter,biasanya lgsg dipegang engkelnya setelah mijit,lalu di krek krek dibenahi posisinya bentar.Subhanallah bengkak parah,seminggu udah maen bola lg g kambuh2.

  29. [...] source: http://drdjebrut.wordpress.com/2010/03/23/rice-untuk-cedera-engkel-atau-engkel-keseleo/ [...]

  30. biasanya kalo pas keseleo, saya langsung jongkok sambil menjepitkan prgelangan tangan di lipatan lutut… kurang dari seminggu udah bisa futsal lagi loh….

  31. hay dok slam knal..

    sya mw nanya …engkel sya udah 2blan blum smbuh jg..udh 4 kli d urut tp ttep aj…

    truz msih suka krsa klo slah posisi kya yg trklir lg..it urt atw tulang yah/???

    tp kta tkang urut tlang mah gda mslah…

    mnta solusi nya donk dok???

    mksih.

  32. Izin Share ya mas…

  33. dok saya baru kemarin nih keseleo engkel.. tapi skrg sudh terasa agak mendingan, cuma bengkak nya saja yg blm kempes, dan sudah bisa saya bawa lari kecil” .. tgl 10 juni ini saya ada turnamen futsal mas..kira” bisa sembuh ga yaa

  34. dok , klo dpjit, di kompres air hangat, bner gag penanganannya,,?
    sdh 3hri blm smbuh,,, pnybabnya apa dok cdera engkel..?

  35. mas mohon bantuanya, 3 minggu yang lalu saya cedra engkel jatuh, kaki kanan.
    karana jatunya lumayan saya langsung ke rumah sakit dan di ronsen. kata dokter gak apa2 cuma terkilir.
    tapi sampai sekarang saya kok belum bisa jalan dan engkel saya masih radang. berapa lama sih penyembuhanya ?

  36. Salam kenal dok
    saya mau tanya klo patah kaki,setelah sembuh apa bisa digunaka secara normal? Mohon pencerahannya

  37. salam kenal pak dokter, nama saya hans,
    lgsg sj, sy pernah cedera engkel pd tahun 2009 tapi tidak lgsg ditangani karena sy anggap sepele karena bbrp minggu sakit dan bengkaknya hilang. Akan tetapi rasa nyeri sering muncul di bagian mata kaki kiri sebelah luar (inversion injury), setelah saya rontgen tulang sy tidak bermasalah,sptnya terdapat masalah pada ligament, apa benar demikian pak dokter?
    apa dengan menggunakan MRI (magnetic resonance imaging) dapat ditemukan sumber masalahnya?,kira2 biaya ut melakukan MRI sekitar brp y pak dokter?
    mohon infonya pak, terima kasih

  38. maaf.
    kalau kompres es setiap sore hari.bagaimana ya ?
    apakah diperbolehkan?

  39. salam kenal dok..
    saya mwu tanya wkt itu saya jatuh dri mtor kena ankle ud 1 minggu lebih sampai saat ini c ud menunjukan perkembangan bengkak sudah kempes,sudah bxa jaalan walau agak pincang tpi klo jinjin skit sekali,itu wajar kga yh??

  40. Salam kenal dok…
    saya ingin bertanya kalo misalkan kaki saya terseleo posisi nya inversion saat bermain basket…. cara pemulihan yang cepat bagaimana ? tetapi saya tidak bisa pake cara yg di atas karena saya harus menggunakan kaki saya untuk perlombaan nanti jadi kira2 cara penanganan yg lebih cepat apa ya dok, Terima kasih

  41. Salam kenal Dok,
    Saya mαµ tanya dok, angkle kaki kanan saya nyeri apabila digunakan untuk berjalan,nyeri angkle kaki kanan ini adalah luka lama ♈á∏б kambuh, setelah kecelakaan motor tahun 2002, kaki saya diobati oleh sinshe menggunakan arak, pasca pengobatan, kaki saya berangsur membaik, sampai saya rasakan agak mulai terasa ngilu pada tahun 2008, ϑɑ̣̇♌ puncaknya awal tahun ini, dimana rasa nyeri nya sangat mengganggu ketika berjalan, saya sudah melakukan urut, baik di urut biasa maupun cimande, tetapi belum menampakan hasil,ketika berjalan jadi terlihat pincang, adakah terapi ♈á∏б manjur untuk penanganan kaki saya. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

  42. lam knal dok,…
    Sakit d engkel udah gag trlalu, tvi msih bngkak??? Gmn ywh dok,…

  43. Cedera engkel di kaki kiri saya, sudah 1 minggu. Dan sudah 4x diurut.. Saat kaki diputar maupun saat jalan terdengar suara “klak” yang menjengkelkan. Tulang saat rontgen tidak apa2, aman..otot kaki sakit, Bunyi dari ankle tersebut bagaimana atasinya dan berapa lama?

  44. slamat pagi

    Dua minggu yang lalu saya kejatuhan sepeda motor, engkel bawah kaki kiri bengkak. Pertolongan pertama udah saya kompres air es, trus udah ke dokter. Sampai sekarang belum sembuh,kira kira apa yang harus saya lalkukan

  45. Salam kenal Dok…
    Saya mengalami kecelakaan 6 minggu yang lalu sehingga tulang kecil kaki kiri saya patah & engkel saya dislokasi dan juga cuil. sudah di operasi dan dipasang pen di tulang kecil kaki kiri, dipasang pen dan baut di ankle. sekarang dah bisa buat napak tapi kaki blm bisa ditekuk. biasanya berapa lama bisa kmbali normal trus utuk pemulihannya perlu dilakukan apa dok. terimakasih atas penjelasannya.

    • maaf baru sempat membalas.
      sepertinya cedera yang Anda alami cukup parah juga ya. saya tidak bisa menentukan berapa lamanya, karena cedera tidak hanya pada tendon atau ligamen saja, tapi juga terjadi patah tulang yang memang membutuhkan waktu lebih lama. lebih baik Anda tanyakan ke dokter yang merawat Anda.

  46. salam kenal dok……
    saya mau nanya……….
    apaakh angkel makin parah klw dah 2 minggu trus saya pakai main futsal, emang sih sdh g bengkak dan nyeri lagi. saya pikir dgn melakukan banyak gerakan pada kaki (main futsal) secara tdk lgsung merngsang otot sekitar engkel dan saya rasakan makin enakan dok saya punya engkel… mohon pendapt dok.
    makasih…..

    • maaf baru sempat membalas.
      kalo memang sudah bisa dipakai olahraga lagi dan tidak nyeri, bisa dilakukan olahraga ringan. tentunya jangan terlalu dipaksakan..

  47. tips mengatasi engkel :
    1. setelah kejadian langsung kompres dgn ice/es agar mengurangi pembengkakan pada kaki yg ditimbulkan akibat sirkulasi darah berhenti sehingga daerah sekitar engkel panas. lakukan kompres sampai merasa bengkak redah
    2. setelah kompres rendam pakai air hangat agar memperlancar sirkulasi darah sekitar engkel shngga mmbt urat kembali keposisis normal
    3.diistrhtkan, jgn berktifitas yg berlbhn untuk kaki anda agar tulang yang bergeser atau retak kmbali membaik,,
    4. pake minyak gosok cap tawon pada engkel, gosok terus hingga terasa panas, gunakan sesering mungkin
    5. setelah mersa g bngkak lgi dan nyeri lakukanlah joggin ringan atau brmain futsal/bola tpi jgn terlalu paksakan. itu agar merangsang urat,tulang kmbli normal sehingg kita dpt mnggunaknnya seprti sedia kala.

    itu tips saya dok yg saya gunakan dalam menangani engkel saya dan alhamdulillah berhasil, dan saya dpt bermain bola seprti dulu lagi.

  48. Salam kenal,
    mau nanya ni,
    saya mengalami cedera engkel sekitar 4 hari lalu, dan sudah lumaya sembuh, dan saya bermain bola dan akibat na engkel saya kembali saki stelah saya mNendang bola dngn kras. Cukup kan waktU 6 MinGgu tk sembuh dari cedera. ?

    • maaf baru sempat membalas.
      tentunya sekarang sudah sembuh bukan?seharusnya cukup waktu 6 minggu untuk sembuh. tentunya ini tergantung dari keparahan dan penanganannya juga :)

  49. Selamat malam dokter ^^
    saya mau tanya nih,
    Kejadiannya udah hampir 1 tahun yang lalu, pas mau masukin motor PERGELANGAN TANGAN sebelah kanan saya salah posisi kyk nya, nah jadinya rada keselo, beberapa hari dari situ terasa sakit tapi tidak parah.
    Yang jadi pertanyaan saya, ini sudah mau 1 tahun kenapa bagian pergelangan tangan tersebut kalu angkat beban berat, atau salah angkat terasa sakit lagi bekas keseleo tersebut. aduh ini bikin saya pusing jg, karena jadinya saya tidak bisa fitness lagi @@

    Terimakasih atas jawabnya dokter.

    • oh ia dok, ada tambahan, ini pergelangan kalau saya arahkan ke arah kiri rasa nyeri nya masih terasa.

      • selamat malam mas,
        kemungkinan ada ligamen yang luka atau retak pada tulang di daerah pergelangan tanganya. sebaiknya diperiksakan di dokter orthopedi di kotanya mas, mungkin saja perlu pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

  50. Sangat bermanfaat sekali,makasih,

  51. ok akan w coba……….

  52. salam kenal dok…
    saya mau tnya…
    saya cedera enkel wktu main basket kra2 sdah satu bulan yg lalu, tp stelah cedera saya tetap main basket dan tidak saya apa2kan, krna saya kira rasa nyerinya bisa saya tahan,,stelah dua mnggu bersitrahat, nyerinya tdak terasa, tp akhir2 ini wktu saya main basket lagi enkel trasa nyeri lagi. sebaiknya saya hrus bagaimana ya dok?

  53. Thn 2010 tepatnya bulan feb aku keseleo engkel kiri gara2 maen basket pas rebound bola kaki kiri nginjek pemaen laen ampe kayak yg patah dibw ke rumah sakit harus di operasi ..mikirin biayainya ga jd terus d bw ke tukang urut 2 bulan ada perkembangan akhirnya sembuh tp g total kadang suka nyeri ….gimana biar sembuh total ya ? Apa memang harus di operasi …

  54. Sangat membantu, saya baru cedera waktu smes lompat ke kiri main badminton, biasanya saya lakukan ke kanan jd tumpuan kaki kiri tdk siap. Mudah2an bisa cepat sembuh. Trim’s …

  55. salam kenal dok saya mau tanya dok saya baru oprasi otot tendon engkel kaki sebela kanan tapi sudah dua bulan belum sembu juga malah pindah sakitnya sekarang yg sisi sebela kanani dalam

  56. untuk pemulihan, bertahap gan,,,,mulain dari jogging ringan aja jalan jinjit trus lari kecil….pengalaman ane gitu

  57. -apa yg di maksut ‘tear’ dlm gambar diatas adl robek.
    -dan apakah yg di sebut cedera engkel itu, selalu robeknya otot dlm gambar diatas
    -apakah robek otot bisa sembuh/kembali tanpa operasi
    -mengapa kok kebanyakan cedera engkel, susah sembuh dlm waktu dekat (apakah krn robek ini ya)

    saya sendiri cedera engkel, bukan krn kena benturan. tapi krn sering melakukan gerakan dadakan/memaksa (dlm bermain bola/futsal) tanpa di awali pemanasan yg cukup. juga sering memaksa derajat kaki dan telapak dlm derajat mengecil. terakhir baru begitu mulai kelihatan krn terburu2 melakukan pemanasan. di tambah pernah memaksakan memakai sepatu bola yg pul ada yg hilang. dr kumpulan kejadian2 ringan itulah secara bertahap mulai terasa nyeri

    kadang ada yg bilangin di urut aja, klo berdasar tulisan ini, menurutku urut tdk tepat, krn urut itu kan jika ada otot yg keseleo ato salah posisi

    barangkali hal2 ttg kesehatan/kedokteran yg masih umum bisa di infokan di sini

  58. haloo udah 3 mingguan saya cedera engkel tapi tidak terlalu berat masih bisa jalan tapi kadang saya merasakan nyeri pada engkel dan mata kaki,, dan kalo latihan 4 kali seminggu rasa nyerikadang menyerang,,, saya mohon bantuan n saran nya

  59. dok aq jg lg keseleo engkel, tp aku takut d pijit / urut karena rasanya sakit bgt , jd gimana cara yg laen unthuk mngobat’i nya dok, mohon solusinya. trims

  60. Salam kenal dok
    dok aq mau tanya
    apa bila nyerinya gx hilang2 gmna dok?????
    Tlng kasih sarannya dok

    Mohon di bls
    terima kasih

    • salam kenal.
      Jika sudah lama tidak sembuh, lebih baik diperiksakan ke dokter/rumah sakit terdekat mas. Mungkin nantinya butuh pemeriksaan lebih lanjut

  61. Howdy! This blog post couldn’t be written much better! Reading through this article reminds me of my previous roommate! He continually kept talking about this. I’ll send
    this article to him. Pretty sure he’s going to have a good read. Thank you for sharing!

  62. salam kenal dok udh 4 minggu saya cidera engkel
    tp kok rasa nyerinya belum hilang hilang yah…

  63. dok salam kenal.
    dok mau tanya,engkel kaki kanan saya cedera krna keseleo,tpi tdak bengkak sama sekali,hanya ada rasa nyeri,tpi udah hmpir 2 minggu msh belum sembuh juga,padahal udah di urut? mohon pncerahanya dok.
    dok sekalian minta akun fb dokter.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.434 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: