Elektroforesis Protein pada Multiple Myeloma

Ciri khas dari penyakit multiple myeloma (MM) adalah adanya protein M (komponen M, protein myeloma, atau M spike). Sekitar 97% pasien MM memiliki immunoglobulin yang utuh atau rantai ringan (light chain) yang bebas yang dapat dideteksi oleh elektroforesa protein.  Protein M ini menunjukkan terjadinya produksi immunoglobulin homogen atau fragmennya yang berlebihan. Dari pemeriksaan kimia darah, dapat dilihat dari kadar total protein, albumin, dan globulin pasien, dengan adanya peningkatan kadar globulin yang bahkan bisa  melebihi kadar albumin.

Salah satu contohnya dapat dilihat dari salah satu pasien ini. Dari pemeriksaan kimia darah diketahui kadar total protein 12,3 g/dl (N=6-8,5 g/dl), albumin 3,64 g/dl (N=3,5-5,5), dan globulin 8,66 g/dl (2,5-4,5 g/dl). Dapat kita lihat bahwa terjadi peningkatan kadar globulin yang sangat signifikan. Untuk mengetahui adanya protein monoclonal, kita lakukan elektroforesis protein. Hasilnya dapat kita lihat terdapat gambaran spike pada fraksi gamma globulin seperti gambar di bawah ini. Gambaran ini merupakan ciri khas dari MM. Dengan melihat klinis pasien, hasil lab yang lain, dan pemeriksaan aspirasi sumsum tulang, diagnosisnya telah ditegakkan MM.

MM

 

Contoh pasien lain baru saja seminggu yang lalu, dengan hasil yang hampir sama dengan kasus di atas. Hasil elektroforesis dapat dilihat pada gambar berikut.

MM2

 

 

 

Semoga bermanfaat.

Sumber: Wintrobe’s Clinical Hematology 12th edition

3 Tanggapan

  1. Wah sip tenan iki adikku rek….btw tuh paling bagus jarene elektroforese protein urine

  2. Weh gambar scan electroforesisku dimuat reks··O:-)
    @dr.budiono ; dulu wktu zamannya p.rusdi katanya pernah melakukan electroforesis urine tapi ga tau knp koq pas zamanku ga ada.
    (ilmunya sing iku ga diwarisno)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: